Sunday, August 18, 2013

Tips Backpacking

Berikut tips bacpacking berdasarkan pengalaman saya :

1. Rubah mindset kalau travelling itu mahal, sebenarnya yang bikin mahal itu gaya travelling orang Indonesia yang gemar sekali belanja, kemana aja pasti belanja dan bawa oleh-oleh banyak banget, sewa hotel yang mahal dan pake tour guide atau ikut rombongan ya pasti banyak keluar duit. Coba pergi sendiri gak pake tour guide, cari tiket promo,sewa penginapan murah kalau udah begitu travelling gak akan mahal.
  2. Pilihlah waktu perjalanan pada low season alias hari kerja, harga trasnportasi biasanya normal bahkan ada promo, penginapan juga begitu dan juga sepi kan enak pergi kemana-mana gak banyak orang jadi bisa menikmati  pemandangan, sebagus apapun tempat kalau udah banyak orang juga gak enak. Ambillah cuti bagi Anda yang bekerja.
  3. Bawa kamera,eksis itu penting hahaha,,,, minimal ponsel dengan kamera 5 MP udah cukup kok.
  4. Rencanakan perjalanan Anda jauh-jauh hari sebelumnya mulai dari waktu,destinasi,budget,akomodasi, barang-barang yang dibutuhkan selama perjalanan dan segala hal yang berhubungan.
  5. Rajin-rajinlah searching,pantau terus harga tiket tujuan destinasi Anda. Ketika harga tiket mencapai titik termurah segeralah beli, cek penginapan mana yang murah dan transportasi di daaerah tujuan paling mudah naik apa jadi paling gak kita udah punya gambaran mengenai lokasi tersebut.
  6. Sendirian atau dengan teman? Kalau sendirian Anda harus persiapkan mental apalagi untuk destinasi yang baru Anda kunjungi. Kalaupun dengan teman maka pilihlah teman yang se”tipe”  atau yang sudah akrab dengan Anda. Saya pribadi bukan tipikal orang yang suka belanja jadi akan memilih teman yang sama destinasi wisatanya, open minded dan gak suka dengan “oleh-oleh”. Saya pribadi lebih memilih bepergian sendiri daripada dengan orang yang kerjanya belanja.
  7. Bawa perlengkapan seperlunya, misalnya beberapa helai pakaian yang gak gampang kusut dan berbeda warna sehingga bisa dipadupadankan jadi kelihatannya kita punya banyak baju dan usahakan bajunya jangan dilipat tapi digulung agar tas backpack bisa memuat lebih banyak, obat-obatan, dan makanan seperlunya.
  8. Cobalah untuk menerima keadaan, mau travelling dengan budget hemat ya Anda harus sedikit “tersiksa”, naik pesawat harga promo biasanya terbang jam-jam aneh kalo pagi banget ya malam banget jadi pasti suatu saat akan ngalamin tidur di bandara. Penginapan murah ya terbatas fasilitasnya paling juga kasur, kamar mandi ama kipas angin gak ada yang lain tapi itu udah cukup kan ya. Kalau gak dapat penginapan cari aja mesjid, kantor polisi atau warnet 24 jam yang agak lebar biliknya jadi kita sewa paket internet terus istirahat di warnet itu.Untuk menghemat biaya seringnya jalan kaki ke tempat wisata, biasakan jalan kaki dari sekarang biar gak kagok.Naik transportasi umum ya maklumlah sempit-sempitan dan gerah. Ada harga ada kualitas, kalau mau serba cepat dan nyaman ya Anda harus bayar mahal tapi kalau mau yang murah Anda harus terima segala kekurangan itu tapi seru kok dijalani.
  9. Kalau Anda lama di bandara dan ingin makan tapi yang harganya murah, tanyakan saja ke OB atau pegawai bandara dimana biasanya mereka sering makan. Gak mungkin donk pegawai bandara makan di restoran bandara tiap hari, mahal gila!! Pasti adalah warung tempat makan pegawai.
  10. Beli peta, daripada sewa tour guide mahal-mahal lagian Anda kan sudah dewasa masak pergi kemana2 dianterin. Lihat di peta petunjuk, baca plang lokasi di jalanan kalo nyasar tinggal tanya sama penduduk setempat dengan begitu kita bisa mengeksplor suatu lokasi lebih jauh.
  11. Prinsipnya kalau bisa murah kenapa mesti mahala, kalau ada yang gratis kenapa harus bayar,, ya gak..
  12. Enjoy the experience.

Monday, August 12, 2013

Akhirnya Gue Resign

Sudah satu bulan lebih saya ditempatkan di tempat baru, daerah Jelambar, Jakarta Barat. Walau baru sebentar tp udah bikin bete banget. Bukan maksud untuk bandingin dengan tempat lama ya, cuman tempat ini benar-benar gak enak banget. Okelah tokonya berprestasi, target sales achieved tapi keadaan tokonya ituloh,, messnya kacau balau blau,, itu kasur itemnya naudzubillah kayak gak pernah dicuci dari pertama beli kali ya,mana karyawan tidurnya buka baju lagi,uhh campur keringet ahh shit,, nyamuk banyak banget lagi udah macam ternak nyamuk aja ini mess,panass bin gerah, anak-anak kalo udah makan kagak dicuci itu piring ntar kalo mau makan dicuci lagi biar piringnya disemutin, dilalerin juga dibiarin, kita yang liat jijay tau, eh sepatu pantofel gue yang biasa kerja di kantor dipinjem tanpa sepengetahuan gue trus bagian belakangnya diinjek kayak make sepatu kets. Sialan gue aja yang punya kagak pernah gituin sepatu gue. Bener-bener kelakuan kampung gak bisa diilangin. Udah gak keitung berapa kali gue mencak-mencak ama anak mess.Suffering is not end, barang datang di tempat gue itu pagi-pagi banget sekitar jam 5. Kalo mobil box datang kita dibangunin,angkat-angkat macam kuli di pasar. Kenapa sih pagi – pagi banget,kasihan karyawan yang dapat shift malam dari jam 10 malam sampe jam 6 pagi, mau kelar shiftnya malah ngangkat barang, yang shift pagi harus bangun lebih pagi padahal jam segitu kan belum jadwalnya masuk, buat yang dapat shift siang jam 2 ntar harus bangun juga ngangkat, isinya tau apaan?? Kardusan minyak, air mineral, gula, kadang beberapa karung beras,, watdefak,, pagi-pagi buta ngangkat beginian,,, ogah gue tiap hari ampe  gini terus..

Bukan maksud nyombong ya, saya berlatar pendidikan S1 gak kepikiran kerja seperti ini, okeh gue bantu cuma seberapa sanggup aja. Kadang anak-anak lain nganggep gue itu males.. Hei tenaga gue cuma segini ya mana sanggup ngalahin tenaga lo pada, maklum karyawannya rata-rata tamat SMA dan sudah terbiasa kerja keras. Gue mikir lagi kalo kerjaan itu sebenarnya bukan mengenai gaji, secara dari gaji cukup lumayan di sini hanya saja yang lebih penting seberapa comfort kita ama kerjaan itu dan lingkungan kerjaanya. Akhirnya tak berapa lama saya beranikan diri untuk resign  dari pekerjaan sebagai Store Head Trainee  di salah satu perusahaan retail terkemuka di Jakarta.

Trip to Tidung Island

Waktu itu saya benar-benar lelah dari pekerjaan, pengen banget jalan-jalan.Kebetulan hari Jum’at dan Sabtu dapet jatah libur.Ahh gue pengen travelling bentar, searching  di forum traveller kaskus, mata saya fokus treadh ajakan ke pulau tidung 29-30 Maret 2013,pas banget tanggal gue libur,ini diaa pucuk dicinta ulampun tiba, langsung deh sms yang bikin treadh minta ikut bareng ke pulau tidung dan gayungpun bersambut. Jadi deh berangkat yiiihhaaaaa.. tanpa sepengetahuan anak toko gue pergi , bye bye,,
                Kucluk-kucluk nyampe di muara angke, bujug ramee banget yang mau ke Kep. Seribu ya!! Gue bengong aja nungguin mas Syaiful (sebut saja begitu) yang ngajakin di kaskus.. sejam berlalu,rggggghhh, udah hamper dua jam baru ketemu ama empunya treadh ternyata baikk banget dan yang pergi bukan cuman gue, masih banyak anak kaskus nyang ikut, eh nunggu lagi,, dan terkumpullah 30an anak-anak kaskus buat ke pulau Tidung.Karena agak telat jadi kami berangkat agak siangan..
                Di kapal itu penuh banget yang pergi, jadi sempit2an but rasa hepy gue lebih besar mengingat bakal ke pulau Tidung, jadi fine ajah. Dari anggota yang ikut gue kenalan satu-satu, ada yang manager audit di perusahaan swasta(wuiss banyak duit nih), ada sekretaris perusahaan cakep ^_^, ada satu orang Chinese gak bisa ngomong bahasa Indonesia, dan yang lain kerja sebagai karyawan biasa seperti saya. Itulah sisi positifnya bisa dapet kenalan baru. Di tengah perjalanan cuaca kurang baik, bebarapa kali mesin kapal dimatiin buat ngelewatin ombak yang tinggi begitu juga dengan perut gue. Iya ya, tadi pagi cuma makan roti ya. Woouuk hampir keluar tapi gak jadi, oh this is not good. “jangan dipikirin, pejamin mata terus fokus ke satu titik, gak bakalan muntah kok” orang sebelah gue nyaranin. Gue ikutin tp gak ngaruh ahh,,kapalnya naek turun begitu, belum lagi airnya pada masuk isshh, balita sebelah ngerengek emaknya malah ngomelin, apaan sih udah tau perjalanan kayak gini masih aja bawa anak kecil. Gue pengen muntah tapi gak jadi-jadi,, ya itu nyawa gue rasanya di awang-awang, mata udah kunang-kunang, ucapan orang-orang ditelinga gue cuma kayak ngaangg nginngg nguungg.
 Sampailah di pulau Pari, okeh satu jam lagi ke Tidung, sabarr-sabaar,, Teman perjalan di depan gue akhirnya muntah juga di plastik putihnya dan gobloknya gue ngeliatin lagi muntahannyaa, wueekss!! Pejamkan mata, tarik napas dalam-dalam semuanya akan berlalu deki. Eh tau gak itu ceweknya juga mau muntah tapi plastik buat muntah gak ada trus muntah deh di plastic bekas cowoknya tadi,, iihhhhhhh, warna apaan tuh ampe sekarang gue inget-inget itu jadi pengen muntah,cuihh..
                Perasaan gue jadi lega lantaran liat daratan gak jauh dari kapal.Air pantai yang masih bersih dan trumbu karang yang masih bisa diliat dari luar wahh cantiknya. Akhirnya lepas sudah penderitaan, sampai juga di tempat tujuan, Tidung Island. Saya beserta rombongan sampai di sana sudah sore, telat banget dan kita menuju penginapanm yang sudah disewa mas Syaiful sebelumnya. Istirahat sebentar ngilangin capek dan mual yang masih ada. Sekitar sejam di penginapan lalu gue ama teman2 lain sewa sepeda buat keliling pulau. Benar – benar ampuh buat menghilangkan stress,puas bersepeda kami akhirnya ke tujuan utama, yup pulau Tidung terkenal dengan Jembatan Cintanya. Waah, orangnya banyak banget bikin jembatannya kurang bagus saking banyaknya yang berfoto di sana coba aja kalo gue ke pulau ini pas lagi sepi pasti seru. Mau gimana lagi ya nikmati sajalah, kami jalan sepanjang jembatan cinta, liat air laut yang jernih dan karang dibawahnya sungguh menarik. Sambil menikmati pemandangan saya mencoba mengakrabkan diri dengan teman seperjalanan.

Kita pun duduk di pinggir pantai menikmati sunset, doing nothing dan saya sejenak melupakan pekerjaan saya di Jakarta, sangat menenangkan. Malamnya kita barbekyuan di belakang penginapan yang kebetulan juga di pinggir pantai. Di sanalah saya mulai mengenal lebih dalam teman seperjalanan saya satu persatu. Esoknya kami snorkeling ke pulau sekitar Tidung, ada dua Ispot yang kita tuju dan sama – sama cantik. Tak terasa hari sudah siang dan kami harus balik ke Jakarta, sekitar jam 2 kami berangkat menggunakan kapal yang sama dengan kapal yang membawa kami ke pulau ini. Saya pun mengambil tempat duduk di lantai dua menghindari insiden muntah yang kemaren dan Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa. Di muara angke kami berpisah dan berencana akan melakukan perjalanan lagi dalam waktu dekat.

Keluargaku yang Malang

Hubungan orang tua saya dengan keluarganya sampai saat inipun bisa dikatakan kurang baik, terlebih ayah. Ayah saya sekarang yatim piatu dan praktis yang ada sekarang hanya orang tua dari mama. Papa tidak menyukai orang tua dari mama, sudah sejak lama semenjak saya kecil bahkan mama pun kurang menyukai orang tuanya. Mama mengatakan kalau kakek dan nenek selalu membeda-bedakan anaknya, anak laki-laki lebih disayang ketimbang anaknya yang perempuan. Saya pribadi tak tahu apakah benar adanya karena hanya mama yang merasakan.
                Kakek-nenek memberikan perhatian yang lebih kepada anak laki-lakinya, mama merasa kurang disupport oleh mereka. Mama memulai bisnis kecil-kecilan, jualan makanan dari warung ke warung, sekolah yang satu ke yang lain sampai Alhamdulillah punya warung sendiri yang memberikan penghasilan yang lumayan awalnya menuai cibiran dari kakek-nenek dan keluarga lain.
“Kakekmu,nenekmu, sodara-sodara lain gak mau mama berhasil nak. Mereka anggap remeh apa yang mama lakukan  dianggapnya gak akan berhasil dan sekarang lihat kita punya rumah, mobil,kendaraan, biaya kamu kuliah sampai sekarang udah kerja, adikmu sekolah apa ada sodara mama bantu? Satu rupiah gak ada. Mereka itu sinis sama mama.”
                Saya ingat betul kata-kata itu dan masih banyak lagi. Heran, kok bisa sampai segitunya sikap mama, dari luar terlihat rukun padahal di dalam ada perang dingin, sirik-sirikan, ada saja gunjingan antar saudara di keluarga saya sampai dua orang paman saya tidak pernah mengunjungi rumah kami sejak kami membangunnya pertama kali. Di keluarga mama ada 9 bersaudara, 6 laki-laki yang 5 orang pns dan satu wiraswasta dan 3 perempuan, mama anak ke 4. Sebenarnya  memang ada yang  tidak saya dengan sodoara mama. Saya pun kena imbasnya, paman saya tidak pernah puas dengan apa yang saya lakukan. Saya yang tidak dipedulikan dari dulu paling juga pas lebaran tegur sapa pas ngumpul keluarga saya ditanya sekarang saya bekerja dimana. Saya sebutkan tempat bekerja dan mereka kurang mengapresiasi dengan pekerjaan saya ini. Mereka mungkin akan puas kalau saya sudah jadi PNS atau pegawai bank.
                “Nanti kalau ada tes pns ikut aja kan enak jadi pegawai pendapatan tetap dan dapat pensiun, kamu gak kerja sebulan, tiga bulan atau setahun juga tetap gajian. Kerja emang harus giat tapi pikirkan juga hari tua.” Paman yang satu menasehati dan yang lain bicara tentang orang sukses yang dikenalnya “Siapa bilang pns itu gaji kecil, enggak juga dapat remunerasi besar loh nanti uang nya dikumpul terus jadi pejabat tp ya modalnya besar”. Bisa saya katakan seluruh keluarga mama berpikiran seperti ini. Saya hanya mengiyakan gak mau menanggapi khawatirnya terjadi debat.
                Tapi apa iya untuk memikirkan hari tua kita harus jadi pns, apa itu satu-satu pilihan? Wajar saja paman dan keluarga lain berbicara seperti itu karena mereka tidak pernah keluar dari kampung dan yang lain ditempatkan di daerah jadi pemikiran seperti katak dalam tempurung, ya hanya sebatas itulah pemahaman mereka yang di daerah pastilah pns merupakan pekerjaan bergengsi dan terbaik, kasarnya begitu. Tapi kita yang tinggal di kota besar mungkin tidak semuanya beranggapan, masih banyak cara lain yang bisa kita lakukan untuk menabung di hari tua selain jadi pns dan berharap uang pensiun. Saya tidak merendahkan pns tapi saya tidak setuju kalau itu satu-satunya jalan dan saya tidak suka konsep “modal besar” naik jabatan apalagi jadi pejabat. Semoga Allah menjauhkan saya dari itu.
                Diantara semua keluarga ada satu orang saudara laki-laki mama yang benar-benar baik dengan mama. Beliaulah satu-satunya yang bukan pns tapi yang paling berada diantara yang lain, yang wiraswasta. Hanya beliau yang mama anggap benar-benar keluarga. Paman saya yang satu ini seorang pengusaha dan terbiasa dari satu kota ke kota lain dan bertemu banyak klien jadi pemikirannya lebih terbuka dan tidak suka mengarahkan saya harus jadi ini-itu sama seperti orang tua saya. Kenapa kita tidak bisa seperti keluarga lain yang harmonis, saya selalu mengeluh tentang itu.
Bagaimanapun saya tetap menjalin hubungan baik dengan keluarga yang lain walau orang tua saya sering mengingatkan untuk tidak terlalu dekat, tapi keluarga tetaplah keluarga, berharap hubungan yang “dingin” ini akan segera mencair.

Saturday, January 19, 2013

Asrama Mahasiswa Gokil

Di  kampus gue, Universitas Andalas Padang ada peraturan setiap mahasiswa baru yang masuk melalui jalur PMDK dan kelas Internasional. Wajib tinggal di asrama mahasiswa selama 1 tahun. Gedung asrama terletak persis di belakang Gedung PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) itu terdapat 2 unit dengan 1 unit bangunannya 4 lantai. Satu buat laki-laki dan satu buat perempuan.
                Satu lantai terdiri dari 32 kamar dan ada 8 kamar mandi jadi 1 kamar mandi untuk 4 orang. Nah ini enaknya tinggal di asrama, gue ketemu ama temari mana-mana apalagi yang satu jurusan bakalan gampang untuk urusan tugas. Gue yangen  tinggal di lantai 4 tinggal teriak “ Woi anak TEP ( Teknik Pertanian!!! Ada yang udah ngerjain tugas pak Iwan Belom?” yang laen pada teriak“ Belom Dek” ada yang teriak “  Udah baru setengah Dek”, kontan aja anak-anak yang belum ngerjain langsung ke sumber buat tugas,, hahaha, gampang deh urusannya kl begitu.

Perbedaan kedua, sholat subuh wajib berjamaah dan harus di absen. Waddduuuuhh, gue emang sholat subuh tapi gak berjamaah terus juga kali pak, belum lagi berjamaahnya ke masjid, mending kalo mesjidnya di samping asrama, lah ini harus jalan 500 meter ke sana. Yah mau gak mau kita harus ikut peraturan juga, jadi  jam 04.30 sekitar 1000 orang laki-laki dan perempuan keluar asrama pergi sholat subuh , udah kayak mau sholat ied. Udah kelar sholat dengar tausiyah, selesai jam 06.30 sudah itu baru bisa absen, yang repotnya kalo ada teman-teman yang masuk kuliah jam setengah 8 bakalan kocar-kacir. Kalau udah males sholat subuh rata-rata pada titip absen, kayak kuliah gitu dan pastinya ketahuan akhirnya hampir semua anak cowok asrama kena SP 1 ( Surat Peringatan 1), wah wah baru tahun pertama aja udah kena SP, kalau bonyok tau bisa-bisa gak jadi kuliah gue..
Oaaahh,, ngantuk nih ntar nyambung lagi ahh